Rabu, 29 Juni 2011

CINTA JANGAN PERGI ~ KOTAK

halo ? apa kabar pecinta musik di indonesia? hari ini sebenarnya tanggal merah, mestinya juga libur ngapa-ngapain kan? tapi saya gatal banget untuk terus ngomentari musik di indonesia khususnya  dan di dunia pada umumnya...haha..sombong banget ya?
hari ini saya mau ngomentari lagu baru kotak..mungkin lagu lama bagi kalian tapi ini baru bagi saya, baru denger maksudnya..hehe... sebelum mulai ngomentari, ini saya kasih sejarah singkat kotak yang aye copas dari web resminya kotak..so cekibrot !!

SEJARAH SINGKAT KOTAK :


Berawal dari ajang Dream Band tahun 2004 silam, Kotak lahir dibidani salah seorang personel Kahitna, Doddy, yang bertindak sebagai produser. Saat itu, Doddy melakukan audisi untuk membentuk format band baru di Indonesia yang terdiri atas drummer, gitaris, bassist, dan vokalis.
Audisi tersebut cukup mendapatkan respons dari musisi remaja yang ingin mencoba peruntungannya di industri musik. Sebanyak 400 orang vokalis, 170 bassist, ratusan gitaris, dan ratusan drummer menjejali tempat audisi. Setelah melakukan audisi dengan mempertimbangkan berbagai format penilaian, terpilihlah 2 vokalis, 2 bassist, 3 gitaris, dan 2 drummer. Musisi muda terpilih itu kemudian diramu lagi menjadi dua band yaitu Kotak yang personelnya empat orang dan "Lima" yang personelnya lima orang.
Nama Kotak memiliki arti empat sisi dan empat sudut yang bersatu menjadi bangunan kotak. Hal itu menggambarkan tentang empat orang yang berbeda tetapi bersatu dalam satu wadah musik.
Formasi band Kotak saat itu bukan seperti yang ada sekarang. Formasi grup band Kotak pertama kali diisi oleh Cella (gitar), Ices (bas), Pare (vokal), dan Posan (drum). Mereka kemudian merilis album pertama berjudul "Kotak".
Pada tahun 2007, Ices dan Pare ternyata memutuskan keluar dari band. Posisi yang kosong kemudian digantikan oleh Tantri pada vokal dan Chua pada bas. Mereka kemudian merilis album keduanya berjudul "Kotak Kedua" pada tahun 2009.
Menurut Tantri, dirinya sempat canggung ketika pertama bergabung dalam band ini. "Karakter vokal Pare sudah melekat di Kotak, aku sempat bingung mau nerusin karakter Pare atau sendiri saja. Tetapi, setelah sering main bareng dan latihan, aku mutusin untuk pakai karakter sendiri," katanya.
Ternyata formasi band baru di album kedua tersebut membawa kesuksesan bagi band Kotak untuk lebih berkibar di industri musik Indonesia. Tidak hanya ring back tone (RBT) yang sudah terjual satu juta. Performa mereka yang memukau di panggung membuat Kotak laris mendapatkan tawaran tur ke berbagai daerah di Indonesia.
Tidak hanya di bidang penjualan, berbagai trofi pun berhasil diraih grup band ini di berbagai ajang penghargaan musik. Pada Anugerah Musik Indonesia ke-12, mereka meraih penghargaan untuk kategori Solo/Duo/Grup Rock Terbaik. Album mereka "Kotak Kedua" juga diganjar penghargaan kategori Album Rock Terbaik.
Mereka juga sukses menyabet kategori Grup/Duo Pendatang Baru Terbaik versi Anugerah Planet Musik (APM) 2009. Terakhir MTV Indonesia Awards menobatkan mereka sebagai Most Favourite Breakhtrought Artist 2009.
Meskipun sukses berada di posisi saat ini, personel Kotak berharap bahwa hal itu belum merupakan puncak dari perjalanan mereka. Masih banyak mimpi yang ingin mereka raih untuk tetap eksis di industri musik. Setidaknya mereka kini telah melewati loncatan pertama mereka dari dream band menuju real band.
this time, saya akan ngomentari lagu kotak yang judulnya cinta jangan pergi..mirip2 lagu jadul deh judulnya "cinta jangan kau pergi" hehe..back to the topic.
dengerin lagu kotak, pasti langsung kerasa vokal khas si tantri yang mendapat julukan lady rocker masa kini. suaranya begitu nge-rock, serak dan gahar buat seorang cewek. dan memang itulah yang dibutuhkan oleh sebuah band. vokal yang khas dan cocok dengan karakter musik band tersebut.
lagu dibuka dengan bagian reff diiringi distorsi gitar yang penuh dan 'dalem', menjadikan permulaan lagu ini terasa 'menghentak'. apalagi vokal tantri yang memang 'kotak' banget. membuat lagu ini memang berkesan sejak pembukaan. saat masuk bait pertama, tensi terasa diturunkan, ditandai dengan menhilangnya distorsi gitar yang berganti dengan harmoni up stroke mirip ska. pada bagian ini ketukan drum terasa 'ganjil' ketukan drum seolah2 memaksa instrument lain untuk mengikuti dia. beruntunglah di situ berdiri chua dengan bass-nya..yang bisa meredakan keliaran ketukan drum..haha..kaya bola aja.
komposisi ini terus berlanjut dan hanya ada tambahan sedikit sound gitar untuk memberikan dinamika lagu hingga akhirnya sampai ke bagian reff. yang kembali ke pattern awal pembukaan lagu. distorsi gitar penuh dengan power chord plus vokal tantri yang ngerock. tpada lagu ini tidak ada permainan solo gitar yang 'berlarian' kesana kemari. hanya ada perbedaan pola sedikit sebelum kembali masuk format reff untuk menyambut akhir lagu. lagu diakhiri dengan pola "life" menurut saya, bukan seperti format recording yang biasanya memakai pola fade out di akhir lagu.
sampai pada kesimpulan akhir saya :
lagu ini enak di dengar meskipun sebagai grup rock, kotak masih mencoba berkompromi dengan pasar. bagaimanapun juga menjadi idealis kadang2 harus di hindari di bisnis ini. semoga kotak masih bisa menyumbangkan ide-idenya bagi permusikan tanah air. dan harapan saya suatu saat kotak tidak hanya menjadi grup band yang sekedar 'berjualan'. selamat berkarya !
READ MORE - CINTA JANGAN PERGI ~ KOTAK

Senin, 27 Juni 2011

BYE BYE ~ GIGI

GIGI, rasanya semangat banget ngomentari grup ini. grup yang baru aja ngerayain 17 tahun karirnya. sebuah umur yang tidak lagi bisa dibilang pemula. mereka sudah kenyang makan asam garam kehidupan dunia musik. mulai album pertama, perpecahan anggota band hingga hanya tersisa armand dan bujana, sampai kemudian thomas masuk lagi hingga kemudian terbentuk formasi terakhir saat ini.
benar-benar perjalanan yang panjang dan berat, tapi justru karena itulah saya mengapresiasi karya-karya mereka. meskipun ibarat orang yang pincang, mereka tetap mengibarkan nama gigi, dan tetap bisa menghasilkan lagu yang hits.

mereka juga pelopor lagu religi bergenre rock, yang kini banyak ditiru oleh band-band baru.
kali ini, mereka kembali merilis single terbaru yang dinamai bye-bye.
saat memelototi klip-nya, memang video klip-nya keren, apalagi ada vino yang punya tampang bengal...hahaha

lagu ini dibuka dengan teriakan khas armand yang disambut dengan harmoni gitar bujana dan cabikan bass thomas. permainan gitar bujana seperti biasanya mengisi hampir seluruh bagian lagu dengan harmonisasi, tapi di sini bujana memberikan sekat-sekat dimana ia bermain harmonisasi dan ada saat dimana dia menggunakan power chord dengan distorsi yang nge-rock. harmonisasi yang disajikan begitu beragam, termasuk jeda di tengah lagu ada petikan sederhana dan permainan harmonisasi yang bikin gak bosen. peran bas thomas sangat besar di sini. karena dia bertugas menjadi jembatan antara gebukan drum yang tak bernada, sehingga seolah-olah bernada. di sini thomas juga berperan menjaga "isi" komposisi sehingga tidak "kering" saat bujan bermain solo sedangkan vokal armand "vakum".
di segi vokal, gaya armand yang jingkrak-jingkrak, masih seperti biasa dan tidak mempengaruhi kondisi vokalnya saat live maupun recording.
bagi saya, lagu ini, sangat asyik di dengar, apalagi di dalam mobil yang melaju kencang dan diputer dengan high level volume.
secara keseluruhan, lagu ini memang keren dan asyik. sehingga memang pantas GIGI menyandang predikat senior band di tanah air.


bravo!
READ MORE - BYE BYE ~ GIGI

TEMPAT TERAKHIR ~ PADI


kalian tentu sudah nggak asing lagi dengan nama band padi kan ? yang vokalnya sangat khas. padi adalah sebuah gruop band indonesia yang banyak ter-influence oleh super group semacam  U2, The Police, The Cure, Counting Crows, dan Pearl Jam.
begitu banyak hits mereka yang sering kita denger, mulai " seperti kekasihku ", "sobat", "hitam", dan lainnya. vokal fadly menjadi ciri khas yang sangat melekat di band ini. vokalnya yang mengalir seakan diseret dan terasa bagai magic..hehe.


tapi jangan lupa pula dengan peran piyu di sini. sebagai otak dan penyumbang lagu terbesar di band ini, peran piyu bukan sembarangan. rangkaian not yang dia gubah, terasa mudah dan enak di dengar. meskipun saya secara pribadi sering mengamati permainan gitar piyu yang kalo tampil live beberapa kali fals..hehe
masih menurut saya, performa padi saat live masih kurang memuaskan. vokal fadly biasanya tidak " nyampe" ke nada yang tinggi seperti yang ada di versi studionya.


nah, kembali ke pokok bahasan saya saat ini, padi ( setelah vakum beberapa saat) kembali merilis single terbarunya yang berjudul " tempat terakhir"
lagu inilah yang akan saya coba untuk kritisi, tentunya sesuai ilmu kesaktian yang saya miliki saja to?
lagu ini dibuka dengan vokal fadly yang memang khas banget. yang langsung diiringi full instrument.
nada-nada yang dipilih kali ini, terdengar monoton, terkesan datar dari awal hingga akhir lagu. pembagian bait lagu sesuai hirarki terdengar antiklimaks. seolah, lagu ini hanya mengalir begitu saja dan kurang "menggigit".
dari segi komposisi musik, terdengar biasa dan datar sejak awal, hanya di akhir ada sedikit lengkingan gitar piyu yang 'sedikit' membuat  beda di segi komposisi instrument-nya.
after all, secara menyeluruh lagu ini memang enak di dengar, tapi cepat membuat bosan karena terkesan hanya diulang-ulang hingga lagu selesai.
semoga single selanjutnya lebih menggebrak lagi, mengingat padi mulai meredup sinarnya.
selamat berkarya!
sajikan musik berkualitas bagi bangsa!
READ MORE - TEMPAT TERAKHIR ~ PADI